3 Cara Mengatasi PES Yang Tidak Keluar Suara (+Komentator)


Salah satu game yang tidak pernah sepi peminat adalah PES (Pro Evolution Soccer). Konsisten merilis versi terbaru tiap tahun, PES kini bahkan sudah hadir untuk versi 2020. Meski demikian, PES yang dirilis tahun-tahun sebelumnya juga tidak lantas ditinggalkan begitu saja. Apalagi masih sering dijumpai para modder yang memodifikasi dengan berbagai fitur tambahan. Game PES 2018 adalah salah satu contoh yang bisa admin berikan.


Keseruan game PES memang tidak perlu diragukan lagi, termasuk PES 2018. Tapi, apa jadinya jika kamu mengalami kendala berupa efek suara dan komentator yang tidak terdengar sama sekali? Tentu rasanya akan sedikit tidak nyaman, hampa, masa iya sih game olahraga sepi-sepi aja kayak di kuburan? Nah, maka dari itu artikel ini akan dipesembahkan khusus buat kamu yang sedanf mengalami permasalahan seperti itu.

Baca Juga:



Sebelumnya, kamu harus tahu kalau suara game PES yang tidak keluar bisa disebabkan oleh 3 hal berikut. Pertama adalah DirectX yang bermasalah, tidak lengkapnya file game, dan bug. Di versi PES berapa pun, mulai dari 2013 sampai 2019 juga ada saja pemain yang mengalami hal ini. Jika kamu salah satunya, ikuti saja tips di bawah ini untuk mengatasinya.
  1. DirectX bermasalah
Ketika menginstall game, salah satu file sistem yang wajib diinstall adalah DirectX. Mengapa demikian? Karena ada komponen sistem “DX Audio” di dalamnya, yang berfungsi untuk menyalakan atau mengaktifkan audio atau suara game. Kalauu di PES, installer bisa dijumpai di file bernama DXSetup.

  1. File game tidak lengkap
Sering terjadi pada pemain, suara komentator tidak keluar, padahal suara item yang lain aman-aman saja. Misal suara penonton hingga wasit juga tidak mengalami masalah. Nah, penyebabnya adalah file suara komentator nggak ada. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah mencari keberadaan  file tersebut (tersimpan dalam format .CPK).

Manfaatkan fitur searching pada perangkatmu untuk mencari file tersebut. Kalau sudah ketemu, kamu salin dan letakkan di folder directory PES yang sudah diinstall. Lalu kamu aktifkan aja komentarnya dengan cara masuk ke PES – system settings – language settings – commentary language

  1. Bug
Kalau penyebabnya adalah bug, kamu bisa memilih 3 alternatif berikut ini. Pertama, install ulang PES. Kedua, install ulang driver audio, dan terakhir adalah tutup dulu aplikasi PES baru kamu buka lagi. Cara nutupnya bisa dari task manager ya (Ctrl + Alt + Del – task manager – process PES – klik kanan pilih end task).

Mudah kan? Selamat mencoba, semoga berhasil ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Naruto Senki Modified Remix by Obiex [Unlock All Jutsu]

Download Naruto Senki Mod Sasuke's Back to the War Apk Terbaru Gratis

Nikmati Keseruan Game PPSSPP Atari Classics Evolved