Talk Fusion Indonesia: Bisnis MLM atau Money Game? Oleh Marikxon


Anda pernah mendengar atau membaca tentang Talk Fusion? Mungkin ya, mungkin juga tidak. Saya sendiri baru tahu tentang Talk Fusion sekitar seminggu yang lalu dari seorang teman yang sudah menggunakan produk Talk Fusion dan dia juga menjalankan kesempatan bisnis yang ditawarkan oleh Talk Fusion kepada para membernya.

Ok, sekarang saya tidak ingin membahas peluang bisnis yang ada di Talk Fusion tapi lebih kepada produk yang ditawarkan oleh mereka.

Terus terang saya baru sekali mengikuti seminar tentang Talk Fusion yang diselenggarakan oleh teman-teman yang sedang fokus menjalankan bisnis di Talk Fusion. Dari seminar itu saya melihat bahwa produk IT (Informasi Teknologi) yang ditawarkan oleh Talk Fusion ini “TERKESAN” sangat bagus dan menjadi pionir dalam video email.

Produk TF dikemas dan dipromosikan seperti sebuah produk yang sangat ampuh bagi seorang pengusaha/ pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis/ usaha mereka ataupun ingin menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka di manapun secara online… ya, dengan email marketing dalam bentuk video.

Apa Itu Talk Fusion?

Talk Fusion utamanya adalah perusahaan yang menyediakan tools untuk media promosi, branding, dan advertising dalam bentuk digital (video). Perusahaan ini berdiri pada tahun 2007 oleh Bob Reina (CEO), dimana tujuan utama perusahaan ini adalah menawarkan klien mereka sebuah layanan terbaik dalam video marketing secara online.

Menurut penyelenggara seminar yang saya ikuti tersebut, Visi Talk Fusion adalah menjadi pemimpin global dalam komunikasi video, sangat sesuai dengan tagline mereka, yaitu “Menyatukan Dunia Dengan Kekuatan Video”.

Saya berpikir bahwa semua media promosi video dan juga media video conference sudah disediakan oleh layanan lain. Tidak mungkin Talk Fusion bisa bersaing dengan kompetitor seperti Skype yang sudah lebih dulu dikenal orang banyak.

Strategi pemasaran yang diterapkan dan juga pengembangan produk  oleh Talk Fusion memang terlihat berbeda, mereka memberikan layanan yang “katanya” sedikit berbeda dengan layanan yang sudah ada, seperti Skype misalnya.

Saat Skype memberikan “kekuatan video” pada setiap rumah tangga, perusahaan Talk Fusion justru membidik ke arah bisnis-bisnis dengan semua kategori, baik yang besar, menengah ataupun kecil.

Menurut penyelenggara seminar tersebut, perkembangan Talk Fusion sangat pesat karena produknya luar biasa dan belum ada pesaing sehingga Talk Fusion memiliki determinasi yang sangat tinggi dan menjadi nomor satu di dunia dalam video marketing.

Beberapa tools yang ditawarkan Talk Fusion seperti; video email, video newsletter, video auto responder, video conference, dan lain-lain. Saya sempat berpikir bahwa Talk Fusion sangat memahami tentang video marketing yang efektif saat ini dan di masa yang akan datang.

Mari kita lihat lebih jauh produk-produk yang ditawarkan oleh Talk Fusion satu per satu dan juga peluang bisnisnya.

A. Fitur Produk Talk Fusion

1. Video Email

Video email adalah produk utama yang ditawarkan oleh Talk Fusion, produk inovatif ini juga katanya yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh membernya.

Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat digunakan untuk mengirimkan email yang berisi video ke seluruh penjuru dunia dan membuat email kita menjadi lebih interaktif.

Ini adalah sebuah produk yang bisa digunakan oleh semua orang mulai dari personal hingga bidang usaha untuk melakukan promosi atau pun memberikan email informasi yang berisi video kepada subscriber.

Talk Fusion juga menyediakan banyak  template dan model email yang sesuai dengan keinginan kita. Bila Anda khawatir perusahaan lain juga memilih template yang akan Anda gunakan, Anda bisa memesan template khusus atau model video email yang unik yang tidak akan dimiliki oleh member yang lain kepada Talk Fusion, mereka akan membuatkannya untuk Anda, katanya.

2. Live Broadcasting

Fitur ini sangat cocok digunakan ketika seseorang atau sebuah perusahaan ingin memiliki sebuah TV Channel sendiri. Kita dapat menyiarkan brand perusahaan melalui internet kepada masyarakat yang lebih luas lagi

Dengan fitur ini maka kemungkinan berkembangnya bisnis Anda semakin tidak terbatas oleh waktu dan tempat, katanya.

Kita tidak tahu siapa saja yang akan menonton promosi brand kita di Internet tetapi kita memiliki kontrol sepenuhnya atas apa yang disiarkan di dalamnya. Dan pada fitur live broadcasting ini juga menyediakan perekam siaran jika Anda ingin menyimpan konten untuk dipakai di kemudian hari.

3. Video Blog

Sebagian besar orang lebih menyukai video daripada membaca teks karena video terlihat lebih nyata dan lebih personal. Kita bisa menggunakan fitur Video Blog yang ada di Talk Fusion untuk memperkenalkan sebuah brand ke masyarakat sehingga brand itu semakin dikenal luas.

Banyak perusahaan yang menggunakan teks dan gambar di dalam blog mereka, tapi Anda bisa mendapat perhatian lebih dari orang lain dengan menggunakan Video Blog.

4. Video Auto Responder

Fitur ini adalah salah satu fitur yang “katanya” paling inofatif dan disukai banyak orang, terutama para pengusaha. Dengan fitur Video Auto Responder, Anda dapat mengirimkan respond dalam bentuk video kepada semua klien atau kontak Anda secara otomatis.

Mungkin agak terasa aneh dan rumit ketika membuat sebuah respond email dalam bentuk video, namun Anda akan melihat perbedaan yang benar-benar menguntungkan Anda dalam jangka waktu yang panjang, begitu katanya.

Pada awalnya Anda mungkin membutuhkan upaya yang keras dalam membuat sebuah video respond yang baik. Anda bisa mengucapkan terimakasih, ucapan selamat bergabung, dan lain-lain, dalam bentuk video yang dapat dikirim secara otomatis kepada semua klien, Anda akan melihat perbedaan yang baik pada bisnis Anda untuk waktu yang panjang, lagi-lagi katanya.

5. e-Subscription Form

Ini adalah fitur yang sangat sempurna jika Anda ingin membangun sebuah data base fans atau klien bisnis Anda dengan cara yang impresive.

Formulir ini mungkin terlihat sederhana – hanya terdiri dari 4 bagian – namun dapat memberikan informasi tentang klien atau followers Anda. Tentu saja akan sangat membantu mengumpulkan data klien, calon klien dan juga fans Anda.

Penggunaannya hampir sama dengan video email, pada e-Subscription Form kita dapat menyesuaikan tampilan yang sesuai dengan keinginan kita dengan menambahkan gambar pada latar belakang. Dengan cara ini, kita dapat dengan maksimal “mencuri” perhatian dari calon klien yang potensial dengan cara yang lebih baik.

Fitur ini sebenarnya hanya familiar di kalangan pengusaha online atau internet marketer. Selain itu, saat ini ada banyak sekali perusahaan yang punya layanan yang sama dan lebih murah ketimbang Talk Fusion.

Selain fitur di atas, Talk Fusion masih memiliki beberapa fitur lainnya. Namun untuk ulasan kali ini saya hanya bisa menjelaskan sedikit dari antara mereka. 

B. Potensi Bisnis di Talk Fusion

Saya sendiri sudah membeli produk dari Talk Fusion dan juga sangat berminat untuk menjalankan kesempatan bisnis yang ditawarkan oleh mereka.

Namun untuk saat ini saya belum bisa memberikan ulasan lebih jauh tentang potensi bisnisnya karena memang saya baru bergabung di Talk Fusion sekitar beberapa hari ketika saya membuat artikel ini.

Namun saya akan memberikan update informasi tentang bisnis ini pada postingan saya berikutnya. Di bawah ini adalah video dari Edward Sardjono yang mengulas tentang Talk Fusion yang mungkin bisa sangat bermanfaat pada bisnis Anda nantinya.

Saya melihat Talk Fusion ini dari sudut pandang pebisnis dan sudut pandang konsumen. Beberapa kekurangan dari bisnis TF ini di antaranya.

Biaya bergabungnya yang terlalu mahal.

Biaya membership yang memberatkan, padahal belum tentu produknya digunakan semua member.

Produk yang ditawarkan TF bisa ditemukan pada layanan lain yang dapat digunakan secara gratis dengan kualitas lebih baik.

Saya sudah lama STOP menjalankan MLM Talk Fusion. Alasannya, saya sangat kesulitan menjual produk dan bisnis Talk Fusion karena SEMUA teman yang saya tawarkan bisnis ini menganggap produknya kemahalan dan tidak worth it.

Selain itu, layanan lain yang punya fitur sama bisa didapatkan secara GRATIS dimana kualitasnya justru lebih baik.

Kesimpulan saya, bisnis ini not recommended untuk orang yang ingin punya bisnis jangka panjang, tapi cocok untuk para OPORTUNIS.

Review Talk Fusion

Sebagai bahan pertimbangan sebelum bergabung dengan Talk Fusion, berikut ini adalah salah satu ulasan mengenai TF dari orang lain. Review lainnya bisa dibaca pada bagian komentar artikel ini.

Memed Mahambra

Saya pernah ditawari TF dan sempat menghadiri acara BBO (Building Busines Online) di Surabaya. Tiket masuk Rp.70 ribu plus biaya pesawat pp plus biaya hotel totalnya sekitar Rp. 2,5 jutaan.

Saya berharap disana bisa mendapatkan info lengkap ttg produk TF dan manfaatnya. Namun ternyata saya kecewa krn mereka hanya menampilkan keberhasilan dan kehidupan mewah para anggotanya yg “katanya” sdh berhasil dalam bisnis ini.

Pembahasan tentang cara menggunakan produk TF sama sekali tidak disampaikan dalam acara tersebut. Akhirnya saya pulang tanpa mendapatkan gambaran apapun tentang TF kecuali iming2 menjadi kaya raya jika ikut didalamnya.

Saya juga beberapa kali meminta kepada teman yg mengajak saya untuk memperlihatkan fitur produk TF dan fungsinya melalui gadgetnya tetapi dia tdk pernah bisa memperlihatkan dengan alasan saat ini belum bisa digunakan krn menunggu era 4G yg menjadi platform produk ini.

Dari pengalaman saya tersebut, bisnis TF ini dapat sy simpulkan sbb :

1. Produk yg ditawarkan MLM ini sifatnya “absurd”. Setelah membayar mahal harga paket dan biaya bulanan, Anda tdk mendapatkan apa2 (bodong). Fitur yg ditayangkan di atas sama sekali tdk terbukti adanya.

2. Untuk mengembalikan uang, anda terpaksa melanjutkan “kebohongan TF” agar bisa menjerat orang lain (tak peduli teman, kerabat atau siapapun). Jangan heran jika anda mempertanyakan produknya mereka selalu menyuruh untuk bergabung dulu kedalamnya. Bisnis ini sangat kejam dan sadis.

3. Tentang sistem pembayaran bonus 3 menitan yg menjadi andalan mereka dapat saya jelaskan sbb :

Rekening yg menampung bonus bukanlah rekening bank yg sesungguhnya tapi hanya rek bayangan (Virtual Account) yg secara legal tetap miliknya Bob Reyna. Anda hanya diberi kewenangan untuk menggunakannya melalui kartu yg diterbitkan oleh Visa.

Itulah sebabnya “ting tong” bisa terdengar di gadget anda dlm 3 menit krn “uang bonus” tdk perlu ditransfer tetapi hanya dicatat di dalam Virtual Account tsb. Dana /saldo sesungguhnya tetap ada dlm rek bank a/n Bob Reyna dan sama sekali tidak berpindah atau ditransfer ke rek anda.

Dengan sistem ini kontrol atas Virtual Account tsb sepenuhnya ada pada Bob reyna. Artinya bisa dibuka atau ditutup sewaktu-waktu. Perusahaan MLM yang sejati akan meminta nomor rekening bank Anda dikirimkan kepada mereka untuk transfer bonusnya.

Posting Komentar untuk "Talk Fusion Indonesia: Bisnis MLM atau Money Game? Oleh Marikxon"