10 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android

Bicara tentang aplikasi browser, pada umumnya pengguna internet lebih memilih menggunakan browser tercepat untuk diinstal di perangkat mereka. Alasannya sederhana, kamu ingin mendapatkan pengalaman browsing yang membuat nyaman saat berselancar di internet, misalnya kecepatan loading dan keamanan browser. Right?

Meskipun saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi browser, baik untuk PC maupun Smartphone, tetap saja sebagian orang tidak punya gambaran jelas mengenai web browser terbaik yang bisa mereka miliki. Dan tak jarang pula pengguna PC dan Smartphone justru menggunakan aplikasi browser yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Sebelum menginstal aplikasi browser di PC atau Smartphone, sebaiknya pastikan dulu browser tersebut sesuai dengan kebutuhan dan dapat mendukung aktivitas yang biasa kamu lakukan karena setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Browser Tercepat dan Terbaik untuk Browsing

Pada dasarnya web browser adalah suatu aplikasi atau software yang dapat membantu penggunanya untuk menjelajahi, menyajikan konten, dan mengambil konten yang ada di berbagai sumber informasi di jaringan internet.

Saat ini ada puluhan aplikasi browser yang dapat digunakan untuk perangkat Komputer PC/ Laptop maupun Smartphone Android kamu, mungkin kamu bingung akan pilih yang mana.

Dari sekian banyak pilihan aplikasi peramban web, berikut ini adalah beberapa browser tercepat dan terbaik yang wajib kamu pertimbangkan:

1. Google Chrome, Browser Tercepat nan Ringan

Jika kamu sering berselancar di internet untuk mencari informasi dan membutuhkan kecepatan loading, keamanan saat browsing, pengaturan sederhana, dan tampilan minimalis, maka Google Chrome adalah browser terbaik yang bisa kamu gunakan.

Fitur utama dari web browser ini adalah teknologi mesin rendering WebKit yang mendukung platform di berbagai perangkat seperti; Windows, MacOS, Linux, iOS, Android, dan Chrome OS. Fitur Google Chrome memungkinkan penggunanya untuk menyimpan riwayat internet, riwayat unduhan, mengelola bookmark, mode penyamaran, mengelola profil, dan lain-lain.

Sebagian besar pengguna Komputer PC/ laptop dan Smartphone menggunakan Google Chrome karena dianggap sebagai browser tercepat. Selain cepat, browser ini juga memiliki fitur bandwidth saving yang dapat menghemat penggunaan paket data smartphone kamu.

Namun, browser ini menggunakan RAM komputer dalam operasinya sehingga spesifikasi RAM komputer harus cukup tinggi. Selain itu, data pengguna browser Google Chrome tersimpan di server Google untuk keperluan iklan dan lainnya.

2. Mozilla Firefox, Browser Terbaik Dengan Banyak Fitur

Mozilla Firefox merupakan salah satu browser terbaik yang pernah ada, apalagi fiturnya yang lebih lengkap. Update terbaru dari Mozilla Firefox yang disebut dengan Firefox Quantum bahkan lebih cepat ketimbang versi sebelumnya.

Firefox memiliki cukup banyak fitur dan tampilannya sedikit lebih ‘ramai’ dibanding Google Chrome. Adapun beberapa fitur browser ini diantaranya; reading mode, pembaca PDF, add-ons, sinkronisasi, web notification, bookmarks, dan lainnya.

Meskipun tidak secepat Google Chrome, Firefox menjadi pilihan utama bagi sebagian pengguna internet karena fiturnya yang keren. Untuk versi mobile-nya, pengguna Firefox dapat memblokir iklan secara otomatis dan mendapatkan perlindungan pelacakan pada peramban pribadi.

Kekurangan Mozilla Firefox yang langsung saya rasakan adalah pada proses loading pertama kali yang cukup lambat. Selain itu, browser ini memerlukan add on agar bekerja secara maksimal.

3. Opera, Browser Cepat dan Minimalis

Opera merupakan salah satu browser tercepat dan ringan bagi semua perangkat, baik itu PC/ Laptop maupun Smartphone. Browser Opera memiliki beberapa fitur yang cukup mumpuni sehingga banyak digunakan untuk berselancar di internet.

Browser ini memiliki desain tampilan yang sederhana dengan sidebar di bagian kiri untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan Opera. Adapun beberapa fitur browser Opera adalah; fitur pilihan bahasa, fitur keamanan, fitur speed dial, fitur restore session, dan lainnya.

Kelemahan Opera yang saya rasakan, browser ini tidak dapat membaca halaman web tertentu secara utuh karena melakukan kompres pada file javascript. Selain itu, browser ini menjadi agak lambat ketika kita membuka banyak tab.

4. Vivaldi, Browser Terbaru Dengan Fitur Menarik

Vivaldi merupakan aplikasi browser terbaru yang dirilis pada tahun 2017. Browser ini diciptakan oleh salah satu developer Opera dimana di dalamnya terdapat beberapa fitur yang unik dan tidak terdapat pada browser lain.

Adapun beberapa fitur Vivaldi diantaranya; fitur tab (atas, bawah, kiri, kanan), tab group, mengambil screen shoot dengan memo, dapat menyimpan sesi browser yang bisa di-reload, dan lainnya.

5. Microsoft Edge, Browser Terbaik untuk Microsoft 10

Microsoft Edge merupakan browser yang dirilis oleh Microsoft untuk menggantikan Internet Explorer. Bagi pengguna PC/ Laptop dengan OS Windows, perangkat Anda harus terinstal Windows 10 agar dapat menggunakan browser ini.

Browser ini juga sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS. Beberapa fitur keren browser ini diantaranya; dapat memblokir iklan, tab browser baru, akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dan lainnya.

6. UC Browser, Tercepat untuk Download

UC Browser cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS karena termasuk salah satu browser tercepat mobile dengan beragam fitur di dalamnya. Selain untuk perangkat mobile, browser ini juga tersedia untuk perangkat PC/ Laptop.

Meskipun tidak sepopuler Chrome dan Firefox, browser ini cukup banyak dipakai untuk perangkat PC/ Laptop. Beberapa fitur yang terdapat pada UC Browser diantaranya; fast download, cloud sync, data compresion, dan lainnya.

7. Maxthon, Aplikasi Browser Tercepat

Maxthon Browser adalah salah satu aplikasi browser tercepat untuk perangkat mobile dengan fitur yang lengkap. Bahkan browser ini dinobatkan sebagai browser terbaik oleh About.com selama 3 tahun berturut-turut.

Beberapa fitur pada browser ini diantaranya; opsi blokir iklan, pilihan bahasa, pilihan modus malam, sinkronisasi dengan perangkat lain, akses cepat, flash video playback, integrasi cloud service, dan lainnya.

8. CM Browser, Aplikasi Browser Sederhana

Ketika kita bicara tentang aplikasi browser yang sederhana, cepat, dan aman, maka CM browser adalah pilihan terbaik. Dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc, salah satu aplikasi browser terbaik ini populer dengan aplikasi CM Security-nya.

Ukuran file aplikasi browser ini hanya sebesar 2 MB sehingga sangat ringan bagi perangkat mobile. Selain ringan, proses loading halaman website sangat cepat menggunakan browser ini. CM Browser juga memiliki fitur notifikasi atau peringatan ketika suatu file yang hendak diunduh terindikasi sebagai file berbahaya.

9. Dolphin, Aplikasi Browser Android Ringan

Dolphin merupakan salah satu aplikasi browser terbaik dan terpopuler di perangkat Android. Aplikasi browser ini mengalami beberapa perbaikan, terutama pada kecepatan pemuatan halaman website.

Beberapa fitur terbaik yang ada pada Dolphin browser diantaranya; opsi blokir iklan, pemutar video HTML5, tab bar, flash player, incognito browsing, dan lainnya.

10. Flynx, Aplikasi Browser Cepat untuk Android

Aplikasi browser Flynx salah satu browser tercepat dan terbaik untuk kegiatan browsing internet di perangkat Android. Fitur kecepatan dalam memuat web apapun menjadi fitur unggulan dari aplikasi broser ini.

Beberapa fitur lain yang terdapat pada Flynx diantaranya; pilihan bahasa, kemudahan berbagi, kemudahan membaca, save offline, dan lainnya.

Dari sepuluh aplikasi browser tercepat yang disebutkan di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah browser yang paling sesuai dengan kebutuhan mu agar kegiatan berselancar di internet menjadi lebih produktif.

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android"